Prinsip Utama Mendesain Antarmuka

Prinsip Utama Mendesain Antarmuka


1.       User Compatibility

Desainer harus mencari dan mengumpulkan berbagai karakteristik serta sifat dari user karena antarmuka harus disesuaikan dengan user yang jumlahnya bisa jadi lebih dari satu dan mempunyai karakter yang berbeda. Hal tersebut harus terpikirkan oleh desainer dan tidak dianjurkan merancang antarmuka dengan didasarkan pada dirinya sendiri
Survey adalah hal yang paling tepat.

2.       Product Compatibility

Sebuah aplikasi  harus sesuai dengan aslinya agar mendapatkan informasi yang detail dan akurat di bandingkan dengan manualnya.

3.       Task compatibility

 Sebuah aplikasi yang harus mampu membantu para user dalam menyelesaikan tugasnya. Semua pekerjaan serta tugas-tugas user harus diadopsi di dalam aplikasi tersebut melalui antarmuka.

4.       Work flow compatibility

Sebuah aplikasi sistem sudah pasti mengapdopsi sistem manualnya dan di dalamnya tentunya terdapat urutan kerja dalam menyelesaikan pekerjaan.

5.       Consistency

Sebuah sistem harus sesuai dengan sistem nyata serta sesuai dengan produk yang dihasilkan oleh karena itu desainer harus memperhatikanhal-hal yang bersifat konsisten pada saat merancang interface.

6.       Familiarity

Sebisa mungkin desain interface di buat pada umumnya dari tata letak maupun modelnya agar membantu user untuk cepat beradaptasi dengan system.

7.       Simplicity

Kesederhanaan perlu diperhatikan dalam membangun sebuah interface karena user lebih senang dengan hal yang sederhana tetapi berbobot.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama